Musim Hujan



APLIKASI LAZ – Hujan adalah bagian dari ciptaan Allah, dengan hujan maka tanah bisa tumbuh subur dan tumbuh-tumbuhan bisa berkembang dengan baik, dan dengan hujan pula Allah menurunkan azab untuk kaum nabi Nuh hingga mereka semua tenggelam. Namun sejatinya hujan yang Allah turunkan adalah rahmat bagi kita semua karena air sendiri adalah bagian dari kebutuhan hidup kita, jadi bijaklah dalam menghadapi hujan, janganlah mencela hujan dengan alasan mengganggu pekerjaan anda.

Berikut adalah sikap & amalan bagi orang beriman di saat hujan turun :

  1. Kesempatan Terbaik untuk Memanjatkan Do’aIbnu Qudamah dalam Al Mughni[7]mengatakan, ”Dianjurkan untuk berdo’a ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,اُطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ

    ’Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan : [1] Bertemunya dua pasukan, [2] Menjelang shalat dilaksanakan, dan [3] Saat hujan turun.”

  2. Hujan Adalah BerkahAnas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, ”Kami pernah kehujanan bersama Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam.Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyingkap bajunya hingga terguyur hujan.

    Lalu, kami mengatakan, “Wahai Rasulullah, mengapa engkau melakukan demikian?” Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

    لأَنَّهُ حَدِيثُ عَهْدٍ بِرَبِّهِ تَعَالَى

    “Karena hujan ini baru saja Allah ciptakan.”

  3. Jangan Mencela Hujanمَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ”Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.” (QS. Qaaf [50] : 18)

    Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

    إِنَّ الْعَبْدَ لَيَتَكَلَّمُ بِالْكَلِمَةِ مِنْ رِضْوَانِ اللَّهِ لاَ يُلْقِى لَهَا بَالاً ، يَرْفَعُ اللَّهُ بِهَا دَرَجَاتٍ ، وَإِنَّ الْعَبْدَ لَيَتَكَلَّمُ بِالْكَلِمَةِ مِنْ سَخَطِ اللَّهِ لاَ يُلْقِى لَهَا بَالاً يَهْوِى بِهَا فِى جَهَنَّمَ

    “Sesungguhnya ada seorang hamba berbicara dengan suatu perkataan yang tidak dia pikirkan lalu Allah mengangkat derajatnya disebabkan perkataannya itu. Dan ada juga seorang hamba yang berbicara dengan suatu perkataan yang membuat Allah murka dan tidak pernah dipikirkan bahayanya lalu dia dilemparkan ke dalam jahannam.”[21]

    Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menasehatkan kita agar jangan selalu menjadikan makhluk yang tidak dapat berbuat apa-apa sebagai kambing hitam jika kita mendapatkan sesuatu yang tidak kita sukai. Seperti beliau melarang kita mencela waktu dan angin karena kedua makhluk tersebut tidak dapat berbuat apa-apa.

  4. Bersyukur Atas Turunnya HujanAllah memerintahkan umat Islam untuk bersyukur saat turun hujan, karena hujan adalah rahmat bagi bumi.Cara mensyukuri hujan yaitu dengan membaca doa berikut:

    اللَّهُمَّ صَيِّباً ناَفِعاً

    “Allahumma shoyyiban naafi’aa [Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat”

Semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan hujan kepada kita semua, amin ya rabbal alamin

APLIKASI DONASI

APLIKASI MASJID

Related Posts

Home
WA Admin
Paket