Meringankan Hutang Seseorang



APLIKASI SEDEKAH – Dalam ajaran Islam, mengikhlaskan hutang merupakan perbuatan mulia yang sangat dianjurkan. Hal ini tidak hanya mencerminkan sikap kasih sayang dan kepedulian terhadap sesama, tetapi juga dijanjikan pahala besar oleh Allah SWT. Berdasarkan Al-Quran dan hadis sahih, kita dapat memahami keutamaan yang terkandung dalam mengikhlaskan hutang.

Keutamaan dalam Al-Quran:

Al-Quran memberikan banyak penekanan pada pentingnya mengikhlaskan hutang dan menunjukkan bahwa Allah menghargai tindakan tersebut.

1. Menunaikan Piutang dengan Ikhlas
“*Dan jika orang yang berhutang itu dalam kesempitan, maka berilah tangguh sampai dia memperoleh kemudahan. Dan jika kamu mengampuninya (hutang itu) sebagai sedekah, maka yang demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.*” (Al-Baqarah, 2:280) Ayat ini menunjukkan bahwa mengampuni hutang sebagai sedekah adalah perbuatan yang lebih utama dan dianjurkan oleh Allah.

aplikasi zakat

aplikasi sedekah

aplikasi laz

2. Pahala bagi Orang yang Mengikhlaskan Hutang
“*Dan (juga) orang-orang yang memberikan apa yang mereka berikan, sedang hati mereka dalam keadaan takut, karena sesungguhnya mereka akan kembali kepada Tuhannya. Maka sesungguhnya mereka itu bersegera berbuat kebajikan dan mereka berlomba-lomba dalam (mengerjakan) kebaikan. Dan mereka itulah yang memperoleh tempat-tempat yang tinggi.*” (Al-Muminun, 23:60-61) Ayat ini menunjukkan bahwa orang yang memberikan dengan ikhlas, termasuk dalam mengikhlaskan hutang, akan mendapatkan tempat yang tinggi di sisi Allah.

Keutamaan dalam Hadis Sahih:

Rasulullah SAW juga menegaskan keutamaan mengikhlaskan hutang dan memberikan dorongan kepada umat Islam untuk melakukannya.

1. Pahala bagi Orang yang Mengampuni Hutang:
– Rasulullah SAW bersabda: “*Barangsiapa yang memberi tangguh kepada orang yang mempunyai hutang atau memberi keringanan, maka Allah akan menyelamatkan dia dari keadaan yang susah pada hari kiamat.*” (HR. Bukhari dan Muslim) Hadis ini menunjukkan bahwa Allah akan memberikan perlindungan bagi orang yang mengampuni hutang orang lain di dunia, dengan memberikan kemudahan dan perlindungan di akhirat.

aplikasi zakat

aplikasi sedekah

aplikasi laz

2. Mengikhlaskan Hutang sebagai Jalan Menuju Surga:
– Rasulullah SAW bersabda: “*Barangsiapa membebaskan seorang budak mukmin, Allah akan membebaskan setiap anggota badannya untuk setiap anggota badan budak itu. Dan barangsiapa yang membebaskan seorang budak wanita mukmin, Allah akan membebaskan seluruh keluarganya dari neraka untuk setiap anggota badan budak itu.*” (HR. Bukhari dan Muslim) Meskipun hadis ini khusus tentang membebaskan budak, prinsipnya juga berlaku untuk mengampuni hutang. Allah memberikan pahala yang besar bagi orang yang membebaskan orang lain dari kewajiban hutang, menjanjikan pembebasan dari dosa dan keselamatan di akhirat.

3. Allah ampuni dosa-dosanya.
Rib’iy bin Hirasy berkata bahwa ia pernah duduk dengan Hudzaifah Ibnul Yaman dan Abu Mas’ud Al-Anshari, lantas salah satunya berkata pada yang lainnya tentang hadits,

Ada seseorang didatangkan pada hari kiamat. Allah berfirman, ‘Lihatlah amalannya.’ Kemudian orang tersebut berkata, ‘Wahai Rabbku. Aku tidak memiliki amalan kebaikan selain satu amalan. Dulu aku memiliki harta, lalu aku sering meminjamkannya pada orang-orang. Setiap orang yang sebenarnya mampu untuk melunasinya, aku beri kemudahan. Begitu pula setiap orang yang berada dalam kesulitan, aku selalu memberinya tenggang waktu sampai dia mampu melunasinya.’ Lantas Allah pun berfirman, ‘Aku lebih berhak memberi kemudahan.’ Orang ini pun akhirnya diampuni.” (HR. Ahmad, 5:407. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadits ini sahih).

aplikasi zakat

aplikasi sedekah

aplikasi laz

Mengikhlaskan hutang adalah perbuatan mulia yang dianjurkan dalam Islam. Selain membantu meringankan beban orang lain, tindakan ini juga mendatangkan pahala besar dari Allah. Dalam Al-Quran dan hadis, Allah SWT dan Rasulullah SAW menekankan pentingnya mengampuni hutang dengan ikhlas dan memberikan dorongan kepada umat Islam untuk melakukannya. Dengan mengamalkan ajaran ini, kita dapat membina hubungan yang baik dengan sesama, mendapatkan rahmat Allah, dan mendapatkan tempat yang tinggi di surga kelak. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rezeki kita, serta di bebaskan dari hutang serta, karena bagaimanapun juga seorang muslim lebih mulia jika iya bermanfaat bagi sesama.

Related Posts

Home
WA Admin
Paket