Menghadapi Was-was



SISTEM SEDEKAH – Hendaklah orang yang mendapatkan bisikan tersebut tidak menghiraukannya, tidak condong kepadanya, tidak memikirkannya, dan hendaklah segera mengusir dari dalam hatinya. Janganlah dia meyakini bahwa dengan waswas yang terdapat dalam hatinya itu, maka dia menjadi berdosa. Bahkan hendaklah dia membencinya dan berusaha keras untuk menghilangkannya dengan berhenti dari memikirkannya serta bertaubat, berdoa, berzikir, istigfar, dan banyak membaca Alquran Alkarim serta kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran (Al-Mu’minun, 23:97-98): “Katakanlah, ‘Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari bisikan-bisikan (setan-setan), dan aku berlindung kepada-Mu, ya Tuhanku, dari kehadiran mereka di sisi-sisiku.'” Mencari perlindungan kepada Allah adalah kunci untuk melawan pengaruh was-was.

sistem wakaf

sistem zakat

aplikasi zakat berbasis web

sistem sedekah

Kemudian untuk mengatasi was-was kita bisa dengan selalu mengingat Allah sebagaimana “Ingatlah hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.” (Ar-Ra’d, 13:28) Menyibukkan diri dengan mengingat Allah dan merutinkan dzikir dapat membantu menjaga pikiran dari was-was yang tidak perlu.

Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah seorang di antara kamu berkata, ‘Ya Allah, ampunilah aku jika Engkau kehendaki, jika Engkau menghendaki Engkau menyiksa aku.’ Katakanlah, ‘Ya Allah, ampunilah aku jika Engkau kehendaki, dan berikan rahmat kepada aku jika Engkau kehendaki.’” (HR. Muslim) Hadis ini menunjukkan pentingnya tidak terjerat pada pikiran yang tidak penting atau was-was yang merugikan.

sistem wakaf

sistem zakat

aplikasi zakat berbasis web

sistem sedekah

Dalam menghadapi was-was, penting untuk memahami bahwa ini adalah ujian yang dapat diatasi dengan dukungan Allah dan dengan mengikuti petunjuk yang terdapat dalam Al-Quran dan hadis. Mengingat kisah-kisah sahabat dan kiat-kiat yang diajarkan dalam Islam dapat memberikan pandangan positif dan memberdayakan kita untuk melawan pikiran-pikiran yang merugikan tersebut.

sistem wakaf

sistem zakat

aplikasi zakat berbasis web

sistem sedekah

Related Posts

Home
WA Admin
Paket