Manfaat Sahur



APLIKASI ZAKAT – Sahur adalah waktu untuk mengisi tenaga dan makan sajian makanan sebelum memulai berpuasa di bulan Ramadan. Sahur adalah salah satu amalan sunnah bagi umat Muslim, dan ternyata, sahur juga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat sahur dari segi kesehatan.

  1. Menjaga Keseimbangan Gula Darah
    Sahur adalah waktu untuk mengisi ulang tenaga dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh selama berpuasa seharian penuh. Ketika kita menahan lapar dan haus selama berpuasa, kadar gula darah dalam tubuh dapat turun. Dengan sahur, kita dapat mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat, yang dapat membantu menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh. Dengan demikian, kita dapat menghindari masalah kesehatan yang terkait dengan penurunan kadar gula darah, seperti pusing, lelah, dan berkeringat dingin.
  2. Meningkatkan Kadar Air dalam Tubuh
    Sahur juga dapat membantu meningkatkan kadar air dalam tubuh kita. Saat sahur, kita dapat mengonsumsi minuman yang sehat dan bergizi, seperti air putih, jus buah, atau susu. Dengan mengonsumsi cairan yang cukup, kita dapat menghindari dehidrasi dan menjaga kesehatan tubuh kita selama berpuasa.
  3. Menjaga Berat Badan
    Meskipun terdengar paradoks, makan di saat sahur sebenarnya dapat membantu menjaga berat badan. Dengan menunda waktu makan hingga waktu berbuka puasa, tubuh cenderung untuk memperlambat metabolisme. Ini dapat menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh dan membuat berat badan kita naik. Dengan sahur, kita dapat membantu menjaga metabolisme tubuh tetap aktif dan menjaga berat badan kita tetap stabil.
  4. Meningkatkan Kualitas Tidur
    Sahur juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kita selama bulan Ramadan. Dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi sebelum tidur, kita dapat merasa kenyang dan nyaman selama tidur. Selain itu, makanan sahur yang mengandung protein dan serat juga dapat membantu mengurangi rasa lapar dan membuat kita tidur lebih nyenyak.
  5. Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Tahan
    Dengan sahur, kita dapat mengisi tenaga dan nutrisi yang hilang selama tidur. Dengan demikian, kita dapat memiliki konsentrasi dan daya tahan yang lebih baik selama berpuasa. Kita akan lebih mampu menjalankan aktivitas sehari-hari dan beribadah dengan baik. Selain itu, makanan sahur yang sehat dan bergizi juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita dan membuat kita lebih tahan terhadap penyakit.

Jadi dari segi kesehatan sahur memiliki banyak nilai positif. Di lain kesempatan insyallah kita akan membahas keutamaan sahur dari segi keimanan. Semoga ibadah puasa kita di terima oleh Allah Azza Wa Jalla, amin ya Rabbalallamin.

aplikasi wakaf barosoft

program donasi barosoft

program fundraising barosoft

Related Posts

Home
WA Admin
Paket