Hindari Sifat Ujub Demi Terciptanya Keberkahan



SOFTWARE ZAKAT IZZAWEB – Sebagai manusia, tentu akan berusaha untuk menjadi versi terbaik dari diri. Berusaha bersikap baik kepada sesama, rendah hati, dan tidak sombong. Namun, mungkin tanpa disadari, ada sifat ujub yang dilakukan terhadap sesama, terutama dengan orang terdekat. Ujub adalah sifat tercela yang dilarang oleh Allah SWT maupun ajaran yang dibawakan Rasul-Nya. Sebagai seorang muslim sudah selayaknya memiliki akhlak yang mulia karena Allah SWT dan Rasulullah SAW telah menganjurkan umatnya untuk menghargai orang lain dan berbuat baik kepada sesama manusia. Ujub adalah penyakit hati yang tidak disenangi oleh Allah SWT. Sifat tercela yang harus dihindari oleh seorang muslim sebab merupakan salah satu sifat tercela yang akan membawa pada sikap sombong dan riya serta agar senantiasa tetap mandapatkan ridho dari Allah SWT. Namun jika tetap memelihara sifat ujub, maka akan ada banyak bahaya yang datang kepada kita sebagai seorang muslim.

 

Software Zakat

Aplikasi Akuntansi Sedekah

 

Dalam islam, ujub adalah perilaku atau sifat yang mengagumi diri sendiri dan membanggakan dirinya sendiri. Dalam Islam, akhlak mulia adalah sesuatu yang harus dimiliki oleh seluruh umatnya. Oleh karena itu, seorang muslim diperintahkan untuk menjaga diri dari sifat tercela dan juga akhlak yang buruk. Dan salah satu sifat tercela tersebut adalah sifat ujub.

Seperti keterangan dalam Al-Quran:

وَلِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۚ وَإِلَى اللَّهِ تُرْجَعُ الْأُمُورُ

Artinya: “Kepunyaan Allah-lah segala yang ada di langit dan di bumi; dan kepada Allahlah dikembalikan segala urusan,” (QS Ali Imran: 109).

Oleh karena itu, hukum ujub adalah haram dimiliki oleh umat Islam, dan harus segera dihindari agar tidak mendapatkan bahaya yang diakibatkannya. Hal tersebut dikarenakan ujub memiliki bahaya yang luar biasa. Namun, dalam Islam, islam memiliki jalan keluar agar umat muslim tidak masuk dalam perangkap kesombongan tersebut. Dalam kitab Bidâyatul Hidâyah, Imam al-Ghazali menyebut ujub sebagai penyakit kronis (ad-dâul ‘idlâl). Orang yang memilikinya akan merasa muli, dan kepada orang lain kecenderungan meremehkan. Imam al-Ghazali memiliki cara agar terhindar dari sifat ujub tersebut, yakni:

  1. Jika Pelakunya Anak Kecil

Bila yang dianggap ujub adalah anak kecil, maka sebenarnya anak kecil pernah bermaksiat kepada Allah SWT. Sementara orang yang tua adalah sebaliknya. Tak diragukan lagi, anak kecil akan lebih baik dari diri orang dewasa hingga tidak merasakannya.

  1. Mengukur Diri

Bila yang melakukakknya adalah orang yang lebih tua, beranggapanlah bahwa dia beribadah kepada Allah SWT lebih dulu ketimbang orang lain, sehingga tentu orang tersebut akan lebih baik. Hindari berprasangka terutama pada orang tua, dan ini adalah sesuatu yang lebih baik daripada terus menyangka yang tidak-tidak.

  1. Menghadapi Orang Bodoh

Bila yang dianggap ujub adalah orang yang ‘bodoh’, beranggapanlah bahwa kalaupun dia bermaksiat maka dia berbuat atas dasar kebodohannya. Sementara jika orang yang berilmu dan memiliki pengetahuan tentang ujub melakukannya, maka orang tersebut justru berbuat maksiat dengan bekal ilmunya.

  1. Pahami orang Berilmu

Jika yang dianggap ujub adalah orang yang berilmu, beranggapanlah bahwa ia telah menerima anugerah ilmu yang tidak diperoleh semua orang. Jika sudah begini, bagiamana mungkin orang biasa sepadan dengan orang berilmu. Oleh karena itu ujub adalah urusan hati, cukup terima ilmunya dan jangan menganggap perilakunya.

Software Zakat

Aplikasi Akuntansi Sedekah

  1. Orang Kafir

Jika yang dianggap ujub adalah orang kafir, ada baiknya untuk beranggapan bahwa akhir hayat seseorang tidak ada yang tahu. Bisa jadi orang kafir itu di kemudian hari masuk Islam lalu meninggal dunia dengan amalan terbaik. Jika begitu, dia sudah keluar dari dosa-dosa masa lalu.

 

Software Zakat

Aplikasi Akuntansi Sedekah

 

Dalam keterangan di atas, tampak sekali Imam al-Ghazali hendak menutup peluang timbulnya ujub dan takabur dengan menunjukkan kemungkinan-kemungkinan terburuk dalam diri manusia.

Semoga kita semua dapat selalu istiqamah dijalan Allah dan terhindar dari sifat-sifat tercela seperti ujub yang telah dijelaskan sebelumnya. Aamiin Allahumma Aamiin…

Related Posts

Home
WA Admin
Paket