Gunakan Waktu Berharga Selagi diberi Kesempatan



SOFTWARE ZAKAT IZZAWEB – Waktu merupakan salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia. Maka, sudah sepantasnya umat manusia memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin tanpa harus menyia-nyiakannya. Di antara nikmat besar yang sering dilalaikan manusia adalah nikmat mendapatkan waktu luang. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

Ada dua nikmat yang banyak membuat manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan nikmat waktu luang.

Software Aplikasi Zakat

Jasa Pembuatan Aplikasi Zakat

Jual Sistem Keuangan Galang Dana

Kita bisa melihat kondisi diri kita, ketika kita sedang ada waktu luang. Kita justru menghabiskan waktu tersebut untuk hal-hal yang tidak ada manfaatnya, baik manfaat untuk kehidupan di dunia, lebih-lebih manfaat untuk kehidupan kita di akhirat kelak. Kita jutsru menghabiskan waktu untuk main game seharian, atau nonton serial film, atau scroll tiktok dari ujung atas sampai ujung bawah dilihat dan dibaca satu-satu padahal tidak ada status yang berfaedah. Atau ngobrol di grup whatsapp sampai ke sana ke mari ratusan chat, yang terkadang membuat kita terjerumus ke dalam dosa besar berupa menggunjing aib saudara kita. Kondisi yang hampir kita tidak lakukan ketika kita sedang sibuk dengan urusan-urusan penting sehingga kita tidak memiliki waktu yang cukup untuk sekedar istirahat.

Padahal Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengingatkan kita, bahwa di antara tanda baiknya Islam seseorang adalah dengan meninggalkan hal-hal yang tidak ada manfaatnya. Diriwayatkan dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مِنْ حُسْنِ إِسْلاَمِ الْمَرْءِ تَرْكُهُ مَا لاَ يَعْنِيهِ

Di antara (tanda) kebaikan Islam seseorang adalah (dia) meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat.

Oleh karena itu, manfaatkanlah waktu untuk hal-hal yang bermanfaat. Demikian juga semua nikmat Allah Ta’ala yang lainnya. Jika tidak, bisa jadi Allah Ta’ala justru akan menguji kita dengan berbagai hal yang membahayakan diri kita sendiri.

 

Software Aplikasi Zakat

Jasa Pembuatan Aplikasi Zakat

Jual Sistem Keuangan Galang Dana

 

Waktu adalah  hal yang amat berharga bagi setiap muslim maka dari itu kita dituntut untuk memanfaatkan dengan sebaik mungkin, karena sejatinya waktu tidak akan bisa di ulang lagi dan apabila kita lalai hanya ada penyesalan yang tersisa. Sebagaimana firman Allah Swt dalam surah al ashr yang berbunyi “Demi masa. Sungguh, manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.

Surah ini menegaskan bahwa waktu yang manusia lalui penuh dengan dosa dan kelalaian, misalnya waktu yang seharusnya digunakan untuk membaca quran, belajar tapi kita malah berpaling dari hal itu, kita lebih menyukai hal yang sia-sia. Hal-hal yang kita turuti berdasarkan hawa nafsu kita yang akan membawa kita terjerumus dalam suatu penyesalan seperti menonton hal yang gak bermanfaat, menggibah orang lain, chat dengan lawan jenis sampai lupa waktu hingga akhirnya kita mulai dijauhkan dari hal-hal kebaikan karena kita banyak melakukan maksiat, hal hal yang tidak disukai oleh Allah SWT. Semoga kita bisa terhindar dari hal semacamnya.

 

Software Aplikasi Zakat

Jasa Pembuatan Aplikasi Zakat

Jual Sistem Keuangan Galang Dana

 

Namun, kita tidak akan mendapat penyesalan jika waktu yang kita punya selalu melibatkan Allah di dalamnya. Menyebut nama nya dalam diam, bersabar akan ujian yang telah ia berikan, selalu melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangannya. Sungguh, kita tidak akan pernah merugi di dunia dan akan membawa kebahagiaan di akhiratnya kelak.

Related Posts

Home
WA Admin
Paket