Berzikir



SISTEM AKUNTANSI MASJID – Berzikir merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Berzikir berarti mengingat Allah dengan menyebut nama-Nya atau mengucapkan pujian, tasbih, tahmid, dan takbir. Berikut adalah beberapa ayat Al-Quran dan hadis sahih yang menunjukkan keutamaan berzikir:

  1. Selalu Mengingat Allah, dalam Surah Al-Baqarah (2:152): “Oleh sebab itu, ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku akan mengingat kalian. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.”
  2. Hati menjadi tentram, dalam Surah Ar-Ra’d (13:28): “Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.”
  3. Menjadi rendah hati, dalam Surah Al-A’raf (7:205): “Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hati dengan merendah diri dan rasa takut, serta dengan tidak keras dan tidak pula dengan lirih, dan carilah waktu pagi dan petang.”
  4. Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah SAW bersabda: “Allah berfirman, ‘Aku bersama hamba-Ku selama ia menyebut-Ku dalam hatinya. Jika ia menyebut-Ku dalam dirinya, Aku pun menyebutnya dalam diri-Ku. Jika ia menyebut-Ku dalam kelompok, Aku pun menyebutnya dalam kelompok yang lebih baik darinya.'” (HR. Bukhari dan Muslim)
  5. Dari Abu Dzar r.a., Rasulullah SAW bersabda: “Sebutlah ‘La ilaha illallah wahdahu la syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa Huwa ‘ala kulli syai’in Qadir’ seratus kali pada pagi dan petang hari. Itu lebih baik bagimu daripada memberi seratus dinar sebagai sedekah, dan (melaksanakan) seratus kali haji, dan (melaksanakan) seratus kali perang di jalan Allah.” (HR. Bukhari)

sistem donasi

sistem masjid

sistem akuntansi masjid

Walaupun nampaknya mudah karena hanya lisan, tapi faktanya banyak dari kita sulit untuk mendisiplinkan diri untuk senantiasa berzikir, berikut adalah Tips agar Mudah Berzikir:

1. Buatlah Jadwal: Tentukan waktu-waktu tertentu untuk berzikir setiap hari, seperti setelah shalat, saat menunggu atau dalam perjalanan. Dengan membuat jadwal, berzikir akan menjadi lebih teratur dan mudah diingat.

2. Gunakan Tasbih: Bawalah tasbih atau menggunakan aplikasi tasbih di ponsel Anda untuk membantu menghitung zikir. Ini akan membantu Anda tetap konsisten dan fokus saat berzikir.

3. Pahami Arti dan Makna Zikir: Ketika Anda mengucapkan zikir, usahakan untuk memahami arti dan maknanya. Hal ini akan membuat berzikir lebih bermakna dan menguatkan hubungan spiritual dengan Allah.

sistem donasi

sistem masjid

sistem akuntansi masjid

4. Kerjakan Zikir dengan Khusyuk: Hindari mengucapkan zikir dengan tergesa-gesa atau hanya sebagai rutinitas. Usahakan untuk berzikir dengan khusyuk dan penuh perasaan.

5. Libatkan Keluarga dan Teman: Ajak keluarga dan teman-teman Anda untuk berzikir bersama. Berzikir dalam kelompok dapat memberikan semangat dan dorongan untuk terus melakukannya.

6. Perbanyaklah Istighfar: Selain zikir tasbih, banyaklah beristighfar (memohon ampunan) kepada Allah. Istighfar merupakan amalan yang penuh dengan keutamaan dan akan membantu membersihkan hati dari dosa-dosa.

7. Berzikir Sambil Beraktivitas: Anda dapat berzikir sambil beraktivitas sehari-hari, seperti berjalan, bekerja, atau membersihkan rumah. Hal ini akan membantu Anda tetap ingat pada Allah dalam setiap aktivitas.

Dengan konsisten dan tekun dalam berzikir, Anda akan merasakan kedamaian dan kebahagiaan dalam hati serta mendekatkan diri kepada Allah. Zikir adalah salah satu cara terbaik untuk menghadirkan Allah dalam setiap aspek kehidupan kita.

sistem donasi

sistem masjid

sistem akuntansi masjid

Related Posts

Home
WA Admin
Paket